7 Manfaat Dahsyat Berkebun Bagi Kesehatan Tubuh Anda | Berita Seru Terbaru
loading...

7 Manfaat Dahsyat Berkebun Bagi Kesehatan Tubuh Anda

loading...
       "Berkebun" merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang menyehatkan yang dapat dilakukan di sela-sela pekerjaan rutin anda. Waktu terbaik untuk berkebun atau mengurus taman yaitu pada pagi hari atau saat libur kerja. Dengan memiliki kebun sendiri, maka lingkungan anda akan terlihat asri, sejuk dan segar. Selain itu, ternyata berkebun berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat berkebun bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

       Sahabat, tips kesehatan. Ada banyak sekali aktivitas maupun kegiatan yang bisa dilakukan dipagi hari maupun saat libur kerja seperti berolahraga, bersepeda santai, berenang, liburan dan juga berkebun. Tidak sedikit dari kita memiliki hobi yang unik yaitu berkebun. Bagi anda yang belum memiliki hobi berkebun, mulailah untuk menyukai hobi sehat tersebut. Karena ternyata, berkebun berefek baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat dahsyat berkebun bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung. Berkebun dapat dikategorikan sebagai aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Meskipun begitu, meluangkan waktu minimal 30 menit setiap hari hanya untuk berkebun dapat menghindarkan dari serangan jantung atau stroke sekaligus menyehatkan jantung anda. 
  2. Menurunkan Tingkat Stres. Berbagai aktivitas berkebun seperti menanam tanaman baru, menyiram, memotong tanaman yang sudah tinggi serta menyediakan media tanam baru dapat mengalihkan perhatian anda dari pekerjaan sehari-hari di kantor yang tak kunjung selesai.  
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Aktivitas berkebun hampir mirip kegiatan berolahraga tanpa anda sadari. Oleh karena itulah, kesehatan tubuh anda terjaga setiap hari. Selain itu, tubuh akan terpapar sinar matahari pagi yang merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk penyerapan kalsium untuk tulang anda. 
  4. Menghindarkan Dari Hipertensi. Tekanan darah tinggi (hipertensi) tentunya sangat membahayakan kesehatan tubuh anda. Menurut The Natiional Heart, Lung, and Blood Institute's, berkebun terbukti cukup efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi.  
  5. Sangat Efektif Untuk Membakar Kalori. Bagi anda yang enggan untuk melakukan olahraga setiap hari, maka berkebun menjadi solusi sehat yang dapat anda ambil. Berbagai kegiatan berkebun yang sangat menyibukkan dapat membakar banyak kalori dalam tubuh anda. 
  6. Membuat Hari Anda Lebih Bahagia. Ada kebahagian tersendiri saat melihat lingkungan sekitar rumah anda nampak sejuk dan asri. Karena kebun yang selalu anda rawat menumbuhkan bunga-bunga indah yang beraneka warna didalamnya.  
  7. Menghindarkan Dari Alzheimer. Alzheimer atau penurunan fungsi otak yang diakibatkan pertambahan usia dapat anda hindari lebih dini dengan rutin berkebun. Belum anda penjelasan ilmiah yang bisa diungkapkan. Tapi pada kenyataannya, berkebun merangsang otak untuk selalu berpikir kreatif dan membuat seseorang menjadi super aktif.
Artikel Kesehatan Lainnya....
      Semoga tips kesehatan yang mengulas berbagai manfaat berkebun bagi kesehatan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of khunaspix at FreeDigitalPhotos.net. Sumber : goodhousekeeping, eartheasy.


loading...