Jika saat remaja sudah sering lupa, apa jadinya ketika bertambah dewasa? | Berita Seru Terbaru
loading...

Jika saat remaja sudah sering lupa, apa jadinya ketika bertambah dewasa?

loading...
Semakin bertambahnya usia, daya ingat otak akan semakin berkurang. Tapi jika daya ingat sudah berkurang di masa sekolah atau remaja, tentu itu cukup mengkhawatirkan. Kini, tidak sedikit remaja yang banyak mengalami kerugian akibat lupa. Lupa kata lain dari berkurangnya fungsi otak untuk mengingat memori yang telah sengaja disimpan dan dapat dikeluarkan suatu waktu ketika dibutuhkan. Jika hal ini terjadi pada remaja di masa sekolah, sudah pasti akan berpengaruh pada nilai-nilai baik akademis maupun non-akademis dalam pelajarannya.


Untuk itu, kita harus mengetahui penyebab berkurangnya daya ingat otak pada usia belia. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada putra-putri Anda, bukan? Inilah hal-hal yang dapat memengaruhi daya ingat otak:

1. Alkohol
Alkohol membawa dampak buruk bagi saraf otak, maka awasi pergaulan putra-putri Anda.

2. Stres
Stres akan melepaskan hormon yang dapat merusak sel-sel otak. Stres dapat diakibatkan padatnya jam mata pelajaran ataupun kegiatan sekolah atau bisa juga disebabkan oleh masalah di rumah.

3. Jam istirahat kurang
Kebanyakan remaja tidak memperhatikan waktu yang mereka habiskan untuk bermain gadget, sehingga waktu istirahat menjadi berkurang. Otak membutuhkan waktu beristirahat agar dapat bekerja kembali dengan kondisi yang segar.

4. Mendengkur
Perhatikan anak Anda bila sedang tidur. Apakah ia mendengkur? Mendengkur merupakan tanda bahwa salah satu anggota tubuh tidak dalam kondisi baik. Mendengkur memblokir oksigen yang masuk ke otak padahal banyak sekali fungsi oksigen bagi otak termasuk mempertajam daya ingat.

Lalu bagaimanakah caranya supaya anak tidak lupa? Anda bisa mengikuti tips ini.

1. Melatih ingatan
Buatlah jadwal dan bacalah sekali, setelah itu tutup tulisan Anda. Diam sejenak selama lima menit, dan salin tulisan tanpa mencontek.

2. Teka-teki silang
Metode ini sangat ampuh untuk mengasah daya ingat karena Anda akan berusaha mengingat-ingat jawaban yang benar pada setiap pertanyaan.

3. Mendengarkan musik
Menurut para ahli, musik yang lembut dapat meningkatkan daya ingat otak. Hal ini sudah dibuktikan terhadap janin yang sering diperdengarkan musik klasik yang dapat membuat fungsi saraf otak bekerja lebih optimal.

4. Pola makan sehat
Asupan makanan yang bernutrisi, terutama pada usia pertumbuhan, akan membuat kinerja otak lebih baik. Makanan yang banyak mengandung nutrisi khusus untuk otak antara lain gandum, kacang-kacangan, minyak ikan, dan yoghurt.

5. Olahraga
Olah raga akan memicu jantung untuk lebih giat mengalirkan darah ke otak secara teratur dan akhirnya membuat tubuh lebih bugar. Tubuh yang bugar akan membuat otak untuk dapat berpikir jernih dan tentunya mempertajam daya ingat.


Bagikan hasil Anda kepada teman..


loading...